BIMA SATRIATAMA


RESENSI..



Tata surya adalah susunan matahari beserta benda-benda langit yang mengelilinginya seperti planet, satelit, komet, asteroid dan meteoroid. Matahari terletak ditengah-tengah dan merupakan pusat tata surya. Sedangkan benda-benda langit lain yang merupakan anggota tata surya, beredar mengelilingi matahari. Gerak peredaran benda-benda langit dalam mengelilingi matahari disebut revolusi.
Selain berevolusi benda-benda langit itu juga melakukan perputaran pada porosnya yang disebut rotasi. Jika dilihat dari kutub utara, arah revolusi dan rotasi benda-benda langit berlawanan dengan arah jarum jam atau beredar dari arah barat menuju ke timur. Garis edar revolusi disebut orbit, dan mempunyai bentuk elips. Akibatnya dalam sekali berevolusi benda-benda langit pada suatu saat berada terdekat dan pada saat lain berada terjauh dari matahari. Titik terdekat dengan matahari disebut perihelium, dan titik terjauh dengan matahari disebut aphelium. Titik aphelium bumi terjadi pada tanggal 1 juli jaraknya 152 juta km dari matahari, sedangkan titik perihelium bumi terjadi pada tanggal 1 januari jaraknya 147 juta km dari matahari. Sehingga pada bulan januari lebih panas dibanding dengan bulan juli.
Macam-Macam Planet
1. Merkurius atau Utarid, merupakan planet terdekat matahari sehingga menjadi planet terpanas dan suhunya mencapai 340 derajat celcius.
2. Venus atau (Zahara, Kejora, Sita), merupakan planet terdekat dari bumi, setiap fajar tampak cemerlang diufuk timur sehingga disebut juga bintang timur atau bintang fajar. Suhunya antara 45 - 500 derajat celcius.
3. Bumi, merupakan planet kehidupan yang terdiri dari 71% laut dan hanya 29% darat. Suhu rata-rata 14 derajat celcius.
4. Mars, merupakan planet yang tampak merah sehingga disebut juga bintang joko belek. Suhu antara -100 derajat celcius sampai 30 derajat celcius.
5. Jupiter atau Masturi, merupakan planet terbesar sehingga disebut raja langit. Suhu rata-rata 100 derajat celcius dibawah nol.
6. Saturnus atau Zuhal, merupakan planet paling indah karena adanya tiga gelang yang melingkari dengan kadar terang yang berbeda. Suhu rata-rata 145 derajat celcius dibawah nol.
7. Uranus, merupakan planet petualangan karena gerakannya sukar diikuti. Suhu rata-rata 185 derajat celcius dibawah nol.
8. Neptunus, merupakan planet kembaran uranus yang juga disebut planet pembuat ulah karena sering beredar meninggalkan orbitnya. Suhu rata-rata 200 derajat celcius dibawah nol.
9. Pluto, merupakan planet terjauh dan baru ditemukan tahun 1930. Orbit pluto sangat eksentrik yaitu kadang-kadang berada lebih dekat dengan matahari daripada neptunus.
Meteoroid adalah benda-benda langit yang berupa partikel padat dengan orbit tidak teratur dan terletak disekitar planet bumi.
Meteor adalah pijaran cahaya yang ditimbulkan oleh meteoroid karena menerobos atmosfer bumi. Meteorit adalah batu sisa meteor yang tidak habis terbakar sehingga jatuh di bumi.
Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari. Komet memiliki orbit garis edar sendiri yang bentuknya sangat lonjong. Komet biasa disebut sebagai bintang berekor karena sifatnya yang bercahaya terang dan memiliki ekor gas debu yang sangat panjang.
Satelit adalah benda yang mengelilingi planet yang memiliki orbit peredaran sendiri. Satelit bersama planet yang dikelilinginya secara bersama-sama mengelilingi bintang. Bulan adalah satelit alami yang dimiliki oleh bumi yang bersama bumi mengelilingi matahari, sedangkan satelit palapa, satelit b1, dan sebagainya adalah satelit buatan manusia yang digunakan untuk tujuan tertentu seperti untuk komunikasi, mata-mata, riset, dan lain sebagainya.
Bintang adalah benda langit luar angkasa yang memiliki ukuran besar dan memancarkan cahaya sebagai sumber cahaya. Bintang yang terdekat dengan bumi adalah matahari. Matahari dikelilingi oleh planet-planet anggota tata surya seperti pelanet bumi, merkurius, venus, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus dan Jupiter.,
Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya. Planet yang dekat dengan bumi dapat kita lihat setiap hari dengan mata telanjang seperti planet venus yang disebut orang sebagai bintang fajar.

Categories:

One Response so far.

  1. Anonim says:

    Betway Archives - Wilbur Park - Wolverione
    › › Online Betting Sites worrione › › Online Betting Sites Betway septcasino is a gambling brand that we consider to be one of the biggest names in online 바카라사이트 betting. Bet on your favourite sport

Leave a Reply